Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Halooo sobat Harsoft. Dalam kesempatan kali ini saya akan membagi tips tentang cara kalibrasi baterai laptop. ini tipsnya:

Cara kalibrasi baterai laptop atau notebook ternyata tidak susah, tidak diperlukan aplikasi tambahan atau kemampuan khusus agar dapat menjaga keawetan baterai laptop. Kalibrasi diperlukan sebagai treatment khusus pada baterai, tujuan utama dari kalibrasi agar baterai mempunyai masa pakai yang lebih lama walaupun secara logika tidak ada barang yang tidak habis dipakai apalagi produk semacam baterai laptop.
Baterai laptop rata-rata mampu bertahan 4-5 jam tergantung kapasitas yang dimiliki, tetapi seiring waktu daya tahan baterai akan terus menurun berbanding negatif dengan usia dan pemakaian. Semakin sering Anda gunakan maka usia baterai akan semakin pendek, dan semakin tua usia baterai maka daya tahan baterai juga semakin melemah. Walaupun demikian kita dapat menambah usia pakai baterai dengan melakukan perawatan yang baik dan kebiasaan penggunaan yang baik pula.
Berikut ini adalah kebiasan buruk yang harus Anda hindari apabila menginginkan usia pakai baterai yang lebih panjang:
  • Jangan mengisi ulang baterai terlalu lama hingga berjam-jam padahal kondisi baterai telah penuh
  • Jangan menyimpan laptop dengan kapasitas baterai kurang dari 40%.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  • Jangan melepas baterai dan meletakkannya di sembarang tempat sehingga beresiko jatuh, terkena air atau terinjak.
  • Hindari magnet ber kekuatan besar, hal ini juga dapat merusak hard disk komputer
  • Jangan menggunakan adaptor yang tidak didesain untuk merk laptop Anda.
  • Hindari arus listri yang tidak stabil.
  • Hindari pemakaian yang terlalu lama sehingga suhu baterai meningkat.
Kemudian perlu sekali Anda lakukan kalibrasi, berikut saya akan berikan panduan cara kalibrasi baterai laptop atau notebook, saya menggunakan sistem operasi Windows 7 Home Premium sebagai tes n run tutorial ini.
Pertama, buka Control Panel – System and Security – Power Options. Anda akan melihat halaman ini:
cara kalibrasi baterai laptop

Kedua, atur waktu pada mode On Battery ke pilihan Never semua, dan maksimalkan Adjust plan brightness, kemudian klik tombol Save changes. Masih pada halaman yang sama, klik link Change adcanced power settings.
cara kalibrasi baterai laptop

Ketiga, pada menu Advanced settings, scroll mouse dan temukan menu Battery, Klik tanda plus (+) pada Critical battery action dan rubah mode On battery menjadi hibernate. Selanjutnya klik tanda plus (+)  pada Critical battery level dan atur persentase On Battery menjadi 3% lalu klik tombol Apply dan terakhir klik tombol OK. Kemudian Anda akan kembali ke halaman pada langkah kedua, sekali lagi klik tombol Save Changes.
cara kalibrasi baterai laptop

Keempat, setelah pengaturan di atas selesai, isi ulang baterai laptop Anda hingga 100% penuh kemudian diamkan tanpa menjalankan program apapun sampai laptop kehabisan daya dan masuk ke mode hibernate. Diamkan laptop selama kurang lebih 5 hingga 6 jam dan baterai laptop Anda telah dikalibras, hidupkan kembali seperti biasa. Silahkan dicoba, lakukan proses kalibrasi secara berkala saat pemakaian isi ulang sudah mencapai 30 kali pengisian agar baterai selalu terawat dan memiliki usia pakai yang lebih panjang.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
23 Maret 2022 pukul 12.07 ×

(142) Cara Kalibrasi Baterai Laptop ~ Harsoft 23 >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

(142) Cara Kalibrasi Baterai Laptop ~ Harsoft 23 >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

(142) Cara Kalibrasi Baterai Laptop ~ Harsoft 23 >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Selamat Anonim dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment